Friday, September 16, 2016

Ada daun-daun dalam Aljabar

Ada daun-daun dalam aljabar
https://www.youtube.com/watch?v=caaZ1gP5DHM



Daun-daun dalam Aljabar
(Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Kelas VII SMP 
Menggunakan Media Daun-daun)

Di SMPN 18 Tangerang, pada pembelajaran matematika materi aljabar, masih banyak siswa yang belum memahami konsep tentang bentuk aljabar, mulai dari mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, melakukan operasi pada bentuk aljabar, hingga menyelesaikan soal berkaitan dengan bentuk aljabar. Contoh kesalahan yang sering saya temui misalnya a + b = ab,  a + a = a , a + a = a2 , a x a = a, a x a = 2a dan masih banyak lagi kesalahan yang dialami siswa. Akibatnya, mereka tidak bisa menyelesaikan soal-soal tentang materi aljabar ini dan akhirnya tidak mampu memperoleh nilai ulangan matematika yang tinggi.
Materi aljabar merupakan materi yang memiliki karakteristik abstrak bagi siswa. Untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika yang abstrak, perlu digunakan benda-benda konkret. Karena itu, saya mencoba menggunakan media daun-daun yang ada di lingkungan sekitar untuk pembelajaran matematika materi aljabar.
Media daun-daun adalah berbagai jenis daun yang mudah didapatkan dari lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah, seperti daun jambu air, daun jambu biji, daun mangga, daun sirsak, daun mangkokan, daun nangka, daun pepaya jepang atau daun-daun yang lain.
Dari daun-daun yang ada, dapat digunakan untuk mengenal bentuk aljabar dan unsur-unsurnya yaitu variabel, suku, koefisien, suku sejenis, koefisien positif, koefisien negatif dan konstanta serta variabel berpangkat  Penjelasannya adalah sebagai berikut:
-   Satu jenis daun diberi lambang satu variabel.  
-   Jenis daun yang sama melambangkan variabel yang sama.
-  Daun dengan posisi tegak (atau menghadap ke atas atau tidak    terbalik) melambangkan variabel dengan koefisien positif.
-   Daun dengan posisi terbalik melambangkan variabel dengan   koefisien negatif.



                -   Variabel yang mengandung perpangkatan dilambangkan dengan daun yang diberi tali     rafia atau karet gelang.  
                     -    Banyaknya tali rafia atau karet gelang sesuai dengan pangkat variabel tersebut.



Daun-daun dalam aljabar membantu siswa lebih memahami bentuk aljabar dan unsur-unsurnya. Siswa pun merasa senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran matematika.  





Bagaimana menyelesikan operasi pada bentuk aljabar menggunakan media daun-daun?
Nanti akan dijelaskan pada tulisan berikutnya...








No comments:

Post a Comment

just for you, my little girl

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah, Engkau telah hadiahkan untukku anak wedokku ini... Teringat di saat pengumuman dia diterima di Sistem ...